Baju Hijau

Baju Hijau
Dipublikasikan pada 10 April 2018 di URL https://www.give.web.id/tutur-kata/2018/04/10/Baju-Hijau.html
         

Hai Sahabat Give,

Saat ini, kita akan merenungkan satu hal mengenai: Baju Hijau

--------------------

Apakah Anda termasuk orang yang suka bepergian wisata ke pantai? Atau justru Anda takut jika terkena ombak, sehingga menghindari wisata di pantai? Atau takut kulit gosong jika bermain di pantai?

Banyak tempat wisata di pulau Jawa, yang terkenal hingga ke pelosok negeri Indonesia maupun manca negara, diantaranya pantai Parangtritis dan pantai Pangandaran.

Jika Anda pernah dan suka mengunjungi pantai, tentu akan mengerti bagaimana peraturan berenang di pantai, contohnya adalah tidak boleh melampaui batas garis berbahaya yang sudah ditentukan.

Tetapi ada satu kepercayaan di tengah masyarakat jika pergi ke pantai Pangandaran dan Parangtritis tidak boleh memakai baju berwarna hijau? Bagaimana menurut Anda?

Apakah yang akan terjadi jika keadaan itu dilanggar? Secara tidak sengaja Anda datang ke pantai itu dengan mengenakan warna baju hijau?

Sahabat, kelihatannya aneh dan agak lucu ya? Mau pergi berlibur saja harus menggunakan dress code, seperti halnya hendak menghadiri perjamuan resmi.

Tetapi ini adalah suatu kepercayaan yang berlaku di tengah masyarakat sekitar pantai tersebut, yang mungkin sampai saat ini masih berjalan, meskipun tidak ada dasar yang jelas mengenai hal ini. Namun demikian, tentu kemajuan teknologi, dan pengetahuan dari masyarakat sekitar, sangat berpengaruh terhadap pola pikir dan pendapat mereka.

Dulu, ketika ada orang yang tergulung ombak, hilang, dan bahkan meski masih bisa diselamatkan pun selalu dikaitkan dengan ‘warna pakaian’ yang dikenakan pada saat itu. Padahal tidak selalu yang tergulung ombak itu adalah yang memakai warna larangan, yaitu warna hijau.

Itu sebabnya, kepercayaan yang dulu begitu kuat, sekarang sudah mulai berkurang, seiring bertambahnya pengetahuan di tengah masyarakat tersebut. Bahkan sudah banyak yang tahu bahwa orang yang tergulung ombak itu akibat dari kelalaian masing-masing pribadi tidak mematuhi rambu-rambu keselamatan yang sudah disampaikan oleh petugas penjaga pantai.

Karena itu marilah kita menjadi orang yang senantiasa berpengetahuan luas agar bisa menerima informasi secara jelas dan bisa ditelaah dengan dasar yang jelas. Seperti orang bijak yang selalu memiliki hikmat sehingga jawaban yang diberikan tidak berupa pengetahuan kosong, dan pikirannya pun bukan hanya berisi angin belaka.

--------------------

Selamat merenungkan!

Jika ada saran dan pertanyaan, silahkan menyampaikannya kepada kamimengirimkan pesan WhatsApp ke +62811828324 atau email ke [email protected].


give,berbagi,kasih,share,sharing,donasi,bantuan,bantu,komunitas,buku,anak,asuh,cinta,sayang,empati,simpati,indonesia,java,jawa,sunda,sumatra,sumatera,borneo,kalimantan,sulawesi,maluku,ambon,bali,bugis,makassar,toraja,mamuju,palu,poso,soppeng,selayar,gunungkidul,gunung,kidul,cilacap,purwokerto,sokaraja,kebumen,kulonprogo,bantul,sleman,bandarlampung,bandar,lampung,cianjur,sukabumi,ciawi,bogor,bandung,kopeng,salatiga,pati,ungaran,solo,surakarta,jogja,yogyakarta,klaten,wonogiri,radio,siaran,sunda,burung,manuk,koreak,kokoh,bakoh,Baju,Hijau,baju,hijau,kepercayaan,percaya,pengetahuan,akal,hikmat,pikiran,pantai,bijak,larangan,pamali,warna,pantai,green,dress,beach,segara,knowledge,think,ijo,klambi,pakaian,dress hijau,baju hijau,kata kata tentang baju hijau,baju hijow,bsju hijsu,artinya suara manuk burung koreak asli sunda jawa barat adalah,apa arti kata kokoh bakoh,baju hijau warna ungu terong