Ikan Lele

Ikan Lele
Dipublikasikan pada 12 April 2018 di URL https://www.give.web.id/tutur-kata/2018/04/12/Ikan-Lele.html
         

Hai Sahabat Give,

Saat ini, kita akan merenungkan satu hal mengenai: Ikan Lele

--------------------

Ikan apa yang sering Anda santap? Atau Anda suka menyantap ikan jenis apa? Kalau saya suka dengan pecel lele, bagaimana dengan Anda?

Sekarang ini sudah sangat banyak penjual dan pedagang warung tenda yang memberi label jualannya “pecel lele”. Apakah lelenya dibuat pecel atau bagaimana ya? Dulu saya berpikiran bahwa pecel lele itu adalah ikan lele yang dimasak pecel, tetapi ternyata keliru, karena pecel lele adalah ikan lele yang digoreng atau dibakar lalu disantap bersama lalapan dan sambel tomat atau sambel terasi.

Meski kelihatannya lezat, tapi bagi sebagian orang, lele adalah jenis ikan yang menjijikkan. Selain itu, ada juga orang yang takut makan ikan lele, karena takut kuwalat.

Mengapa takut kuwalat? Apakah ikan lele bisa membuat orang menjadi berdosa? Apakah alasannya?

Sahabat, lele adalah jenis ikan yang bisa dikonsumsi karena mengandung banyak gizi yang bagus untuk tubuh kita. Tetapi mengapa ada sebagian orang yang masih percaya bahwa makan lele bisa menyebabkan kuwalat?

Orang-orang yang tidak mau makan ikan lele karena takut kuwalat, adalah pasti orang-orang yang pengetahuannya masih sedikit, sehingga belum mengerti kandungan gizi di dalamnya. Mereka takut kuwalat karena percaya bahwa ikan lele merupakan penjelmaan dari nyai Roro Kidul. Mereka tidak berani makan karena akan sakit, demam dan bahkan bisa meninggal dunia.

Jika kita telaah lebih dalam lagi, ikan lele adalah jenis ikan yang banyak mengandung zat besi, kalsium, fosfor, dan lain sebagainya. Maka, lele adalah jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi, apalagi jika diolah dengan bumbu yang baik, tentu menjadi makanan yang lezat.

Meskipun demikian, ketika mengolah ikan lele, harus diperhatikan cara-caranya, sehingga akan menjadi sebuah hidangan yang sehat dan lezat, dan bukan sebaliknya. Ikan lele yang berbahaya adalah ikan lele yang diberi makanan tambahan terlalu banyak mengandung zat kimiawi, sehingga ketika diolah maka zat kimiawi itu masih terkonsumsi oleh manusia hingga menyebabkan sakit. Atau, orang yang mengkonsumsi ikan lele tersebut adalah orang yang alergi terhadap jenis ikan, namun tidak disadarinya.

Dari keadaan seperti itulah maka kemudian informasi yang berkembang di masyarakat pedesaan pada jaman dulu adalah, bahwa ikan Lele itu membuat orang kuwalat.

--------------------

Selamat merenungkan!

Jika ada saran dan pertanyaan, silahkan menyampaikannya kepada kamimengirimkan pesan WhatsApp ke +62811828324 atau email ke [email protected].


give,berbagi,kasih,share,sharing,donasi,bantuan,bantu,komunitas,buku,anak,asuh,cinta,sayang,empati,simpati,indonesia,java,jawa,sunda,sumatra,sumatera,borneo,kalimantan,sulawesi,maluku,ambon,bali,bugis,makassar,toraja,mamuju,palu,poso,soppeng,selayar,gunungkidul,gunung,kidul,cilacap,purwokerto,sokaraja,kebumen,kulonprogo,bantul,sleman,bandarlampung,bandar,lampung,cianjur,sukabumi,ciawi,bogor,bandung,kopeng,salatiga,pati,ungaran,solo,surakarta,jogja,yogyakarta,klaten,wonogiri,radio,siaran,sunda,burung,manuk,koreak,kokoh,bakoh,Ikan,Lele,ikan,lele,kualat,kuwalat,gizi,mitos,kepercayaan,jijik,kotor,alergi,vitamin,racun,pengetahuan,masakan,apa perjanjian orang dahulu ketika seseorang keturannya tdk dapat makan ikan lele,apakah lele menyebabkan alergi,artinya suara manuk burung koreak asli sunda jawa barat adalah,apa arti kata kokoh bakoh,baju hijau warna ungu terong