Kokoh Bakoh

Kokoh Bakoh
Dipublikasikan pada 16 April 2018 di URL https://www.give.web.id/tutur-kata/2018/04/16/Kokoh-Bakoh.html
         

Hai Sahabat Give,

Saat ini, kita akan merenungkan satu hal mengenai: Kokoh Bakoh

--------------------

Ketika ingat masa kecil, saya sering tersenyum-senyum sendirian, karena banyak sekali peristiwa-peristiwa yang baru saja saya ketahui arti dan maknanya setelah besar.

Ketika ada gempa, saya waktu kecil sering heboh, bahkan pernah ketika terjadi gempa cukup besar, saya lompat-lompat sambil teriak-teriak "Gempa… gempa… gempa…." Sambil berlarian keluar rumah, dan menuju di sawah samping rumah. Saya meloncat-loncat sambil menutup telinga supaya tidak merasakan gempa, tetapi malah saya terjatuh karena tanah yang saya injak bergoncang akibat besarnya gempa.

Lalu, nenek saya pun ikut keluar dan berlari di tengah sawah, sembari berteriak, "Kokoh bakoh… kokoh bakoh…" "Hah, apa itu kokoh bakoh?" pertanyaan dalam hati saya demikian.

Kok nenek saya berteriaknya bukan "Gempa… gempa?" tapi "Kokoh bakoh…" bukankah kokoh dan bakoh itu artinya kuat dan tegak? Entahlah, saya juga belum tahu artinya pada waktu itu.

Sahabat, ketika hidup di pedesaan, pasti kita akan merasakan dan mengalami hal-hal yang tentu tidak bisa dilupakan, seperti halnya pengalaman saya tadi. Meski menakutkan, tapi ada lucunya peristiwa waktu itu. Meski demikian, saya pun mengikuti nenek dengan meneriakkan : 'Kokoh bakoh'

Tetapi, sekarang saya bisa mengerti dan memahami, apa arti kata 'kokoh bakoh' tadi. Ternyata, nenek dan banyak orang yang meneriakkan kata-kata pada waktu itu adalah semacam teriakan ‘doa’ kepada Yang Maha Kuasa, agar diberikan ‘kekuatan’ meskipun terjadi gempa yang cukup besar.

Kokoh bakoh artinya kuat dan tegak, sehingga meski ada gempa mereka tetap terlindungi dan tidak ada yang ambruk, karena itu, ketika meneriakkan kata-kata itu harus sembari berpegangan dengan barang yang dianggap kuat, seperti pohon besar, atau pun tiang rumah.

Jadi, bukan tidak ada tujuannya meneriakkan kata-kata itu, tetapi ternyata adalah mengandung makna yang sungguh baik bahwa manusia mengharapkan Tuhan menjaga hidup supaya tetap hidup kuat dan tegak.

Jika permintaan disampaikan dengan kesungguhan dan keyakinan, maka tentu akan menimbulkan satu jawaban yang baik, karena Tuhan Yang Maha Kuasa adalah pelindung manusia.

Yuk.., kita senantiasa berada dekat-dekat dengan Sang Pencipta, baik dalam keadaan gembira maupun susah, sehingga kehidupan kita akan selalu dijaga kuat, kokoh, dan tegak.

--------------------

Selamat merenungkan!

Jika ada saran dan pertanyaan, silahkan menyampaikannya kepada kamimengirimkan pesan WhatsApp ke +62811828324 atau email ke co[email protected].


give,berbagi,kasih,share,sharing,donasi,bantuan,bantu,komunitas,buku,anak,asuh,cinta,sayang,empati,simpati,indonesia,java,jawa,sunda,sumatra,sumatera,borneo,kalimantan,sulawesi,maluku,ambon,bali,bugis,makassar,toraja,mamuju,palu,poso,soppeng,selayar,gunungkidul,gunung,kidul,cilacap,purwokerto,sokaraja,kebumen,kulonprogo,bantul,sleman,bandarlampung,bandar,lampung,cianjur,sukabumi,ciawi,bogor,bandung,kopeng,salatiga,pati,ungaran,solo,surakarta,jogja,yogyakarta,klaten,wonogiri,radio,siaran,sunda,burung,manuk,koreak,kokoh,bakoh,Kokoh,Bakoh,kokoh,teguh,tegak,kuat,pengharapan,iman,keyakinan,stand,gempa,earthquake,bakoh,strong,harapan,gembira,susah,sedih,bencana,pelindung,manusia,Tuhan,arti bakoh jawa,kokoh bakoh artinya,artinya suara manuk burung koreak asli sunda jawa barat adalah,apa arti kata kokoh bakoh,baju hijau warna ungu terong