Hari Jumat

Hari Jumat
Dipublikasikan pada 24 April 2018 di URL https://www.give.web.id/tutur-kata/2018/04/24/Hari-Jumat.html
         

Hai Sahabat Give,

Saat ini, kita akan merenungkan satu hal mengenai: Hari Jumat

--------------------

Meskipun saat ini masyarakat sudah hidup di jaman modern, tetapi ternyata masih ada juga beberapa orang yang percaya terhadap hal-hal yang berkenaan dengan watak-watak hari. Bagi masyarakat tradisional, kepercayaan terhadap hari yang disebut ‘hari baik’ masih sangat kuat.

Maka dari itu, sebelum mereka melakukan rencana apapun, kemudian banyak yang terlebih dahulu meminta bantuan dan penjelasan dari orang-orang tua yang ada di desanya. Contoh saja, orang yang akan membuka usaha atau menikah, pasti berusaha untuk tidak memilih hari Jumat sebagai hari pelaksanaannya.

Mengapa orang-orang itu tidak mau memilih hari Jumat sebagai hari pelaksanaan? Dan mengapa mereka menyebut hari Jumat itu adalah hari yang kurang baik?

Ternyata, masih banyak sekali masyarakat yang percaya bahwa melaksanakan rencana menikah atau membuka usaha di hari Jumat itu akan mendapat bencana, seperti sakit, atau hidup rumah tangganya berantakan dan sering bertengkar.

Sahabat, marilah kita mencoba untuk menelaah dan memikirkan terlebih dahulu mengenai pelajaran yang dapat kita ambil dari sebuah peristiwa, dengan mengambil contoh peristiwa hari Jumat ini.

Berikut nasehat dari orang bijak, ‘dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka. Berfoya-foya pada siang hari, mereka anggap kenikmatan.’

Apa yang disampaikan oleh orang bijaksana tadi sudah sangat jelas, bahwa sebetulnya yang menyebabkan adanya penderitaan dan bencana itu bukan ‘hari’ nya, tetapi orang-orang yang menjalaninya.

Orang yang suka foya-foya di waktu siang, dimana waktunya orang harus bekerja, tentu mereka akan menjadi orang yang membuang waktu dengan sia-sia. Jika sudah demikian, tentu mereka akan mendapatkan kerugian dalam hidupnya.

Karena itu, marilah kita menjadi orang yang bijaksana dalam menggunakan hari dan kehidupan kita.

--------------------

Selamat merenungkan!

Jika ada saran dan pertanyaan, silahkan menyampaikannya kepada kamimengirimkan pesan WhatsApp ke +62811828324 atau email ke [email protected].


give,berbagi,kasih,share,sharing,donasi,bantuan,bantu,komunitas,buku,anak,asuh,cinta,sayang,empati,simpati,indonesia,java,jawa,sunda,sumatra,sumatera,borneo,kalimantan,sulawesi,maluku,ambon,bali,bugis,makassar,toraja,mamuju,palu,poso,soppeng,selayar,gunungkidul,gunung,kidul,cilacap,purwokerto,sokaraja,kebumen,kulonprogo,bantul,sleman,bandarlampung,bandar,lampung,cianjur,sukabumi,ciawi,bogor,bandung,kopeng,salatiga,pati,ungaran,solo,surakarta,jogja,yogyakarta,klaten,wonogiri,radio,siaran,sunda,burung,manuk,koreak,kokoh,bakoh,Hari,Jumat,jumat,artinya suara manuk burung koreak asli sunda jawa barat adalah,apa arti kata kokoh bakoh,baju hijau warna ungu terong