Burung Koreak

Burung Koreak
Dipublikasikan pada 04 April 2018 di URL https://www.give.web.id/tutur-kata/2018/04/04/Burung-Koreak.html
         

Hai Sahabat Give,

Saat ini, kita akan merenungkan satu hal mengenai: Burung Koreak

--------------------

Bagi sebagian masyarakat pedesaan di wilayah Sunda, semua pasti mengenal burung (manuk) Koreak. Burung Koreak ini adalah burung yang memiliki kicauan tapi suaranya baru bisa terdengar di waktu petang menjelang malam hari. Masyarakat pedesaan sebagian percaya bahwa jika terdengar kicauan burung koreak itu maka diterjemahkan bahwa ada anak kecil yang hendak diculik oleh dedhemit atau setan.

Jika burung koreak sudah terdengar di waktu petang hari, banyak orang yang cepat-cepat menemani anaknya tidur, atau jika masih sibuk maka anak kecil itu pun digendongnya. Ternyata, bukan hanya anak-anak, baju-baju dari anak-anak kecil yang masih dijemur diluar pun segera diangkut ke dalam rumah.

Hal ini sudah menjadi satu hal yang lumrah terjadi di dalam kehidupan masyarakat pedesaan di Sunda. Bagaimana dengan tradisi yang terjadi di sekitar Anda?

Bagi masyarakat Sunda, suara burung koreak itu memiliki arti tersendiri, lalu bagaimana di tempat Anda?

Sahabat, suara burung koreak di waktu petang bagi masyarakat pedesaan Sunda, sering dipercaya sebagai sebuah tanda bahwa ada setan yang hendak menculik anak-anak kecil khususnya yang masih balita.

Pelajarannya adalah, bahwa suara burung koreak yang terdengar di waktu pagi sampai siang, bisa tersamarkan oleh suara lainnya. Tetapi ketika burung koreak tadi berkicau di waktu petang hari sampai malam, maka pasti suara itu akan menimbulkan kekagetan tersendiri, terlebih anak kecil dan balita.

Nah… keadaan ini lah yang sering disalah artikan oleh orang-orang pedesaan yang masih belum banyak memiliki pengetahuan. Sehingga hal-hal yang sebetulnya bisa dipahami dengan logika, justru dimengerti sebagai hal yang mistis bahkan bisa menimbulkan ketakutan.

Padahal sebetulnya, anak-anak kecil ini belum mengerti mengenai hal-hal yang di luar nalar ataupun yang belum dimengertinya, tetapi sering kali orang dewasa memberikan pengertian yang kurang baik kepada mereka. Bahkan ada yang sampai besar hanya dapat mengerti dan menerima dari yang sudah pernah diberikan oleh orang tuanya pada saat masih kecil dulu. Itu sebabnya dulu banyak orang membawa anak-anak kecil kepada Tuhan dalam doa, supaya Ia menjamah mereka.

Jadi, suara burung koreak di waktu petang hari itu akan menimbulkan kekagetan bagi anak-anak kecil, karena keadaan yang sudah mulai sunyi daripada waktu siang hari. Burung koreak yang berkicau adalah pertanda bahwa mereka saatnya mencari makan di malam hari.

Janganlah kita menjadi orang dewasa yang memberikan cerita yang tidak ada dasarnya kepada anak-anak, agar mereka kelak bisa menyebarkan berita yang baik kepada anak cucunya.

--------------------

Selamat merenungkan!

Jika ada saran dan pertanyaan, silahkan menyampaikannya kepada kamimengirimkan pesan WhatsApp ke +62811828324 atau email ke [email protected].


give,berbagi,kasih,share,sharing,donasi,bantuan,bantu,komunitas,buku,anak,asuh,cinta,sayang,empati,simpati,indonesia,java,jawa,sunda,sumatra,sumatera,borneo,kalimantan,sulawesi,maluku,ambon,bali,bugis,makassar,toraja,mamuju,palu,poso,soppeng,selayar,gunungkidul,gunung,kidul,cilacap,purwokerto,sokaraja,kebumen,kulonprogo,bantul,sleman,bandarlampung,bandar,lampung,cianjur,sukabumi,ciawi,bogor,bandung,kopeng,salatiga,pati,ungaran,solo,surakarta,jogja,yogyakarta,klaten,wonogiri,radio,siaran,sunda,burung,manuk,koreak,kokoh,bakoh,Burung,Koreak,kaget,malam,cerita,baik,berita,burung,sunda,desa,koreak,manuk,dasar,gagak,tradisi,mitos,suara,kaget,pengertian,mistik,mistis,logis,logika,kicau,mengerti,anak-anak,orang tua,koreak,koreak dalam orang sunda,alamat burung kurkwak ,asuk rumah,manuk koreak,suara burung koreak,burung koreak,arti dari ada burungkoreak,gambar burung koreak,burung koreak sunda,tanda suara burung koreak,manuk koreak sunda,burung koreak adalah,suara burung koroak,makanan burung koreak,burung mistik sumatera,cerita tentang burung koreak,sosok manuk koreak,sunda burung koreak,buring koreak,asli manuk koreak jawa barat,pemujaan burung koreak,burung sunda,apa itu burung koreak,artinya suara manuk burung koreak asli sunda jawa barat adalah,apa arti kata kokoh bakoh,baju hijau warna ungu terong